Posted by : Unknown Dinsdag 21 Mei 2013

Ciri+Ciri+Kanker+Kulit.jpg (460×300)

1. PENDAHULUAN

 Jumlah penderita kanker semakin meningkat dari tahun ke tahun. Menurut badan kesehatan dunia (WHO) dan serikat pengendalian kanker international (UIIC) akan terjadi peningkatan penderita kanker sebesar 300 persen di seluruh dunia. Di Indonesia pada tahun 2012 prevaliensi kanker mecapai 4,3 dari 1000 orang yang meningkat dari tahun lalu yang hanya berkisar 1 dari 1000 orang(Gemari, 2003). Salah satu kanker yang memiliki jumlah penderita terbanyak adalah kanker kulit. Kanker kulit adalah kanker yang mematikan dengan total insiden sebesar 81.1% (Petrucci, Ralph H, 1987). Jumlah penderita kanker kulit di dunia mencapai 134500 juta jiwa pada tahun 2010 dengan pertambahan mencapai 10 % pertahun (Hiskia, A dan Tupamalu, 1991). Kanker kulit termasuk peringkat ketiga (15%) jenis kanker terganas setelah kanker leher rahim (55%) dan kanker kulit (17%)( Family’s Doctor,2006). Walaupun demikian, apabila penyakit ini dapat dideteksi pada tahap awal, maka lebih dari separuh penyakit kanker dapat dicegah, bahkan dapat disembuhkan (Gemari, 2003). Sayangnya hasil diagnosis kanker menyatakan bahwa 80% penderita kanker ditemukan pada stadium lanjut, yakni stadium 3 dan 4 (Family’s Doctor,2006). Peningkatan jumlah penderita kanker tersebut salah satunya dikarenakan menipisnya lapisan ozon di bumi. Sinar UV erat hubungannya dengan lapisan ozon yang bertindak sebagai pengalang UV dari matahari ke bumi. Kalau lapisan itu bocor akibat gas chlorofluorocarbon (CFC) sinar UV akan langsung masuk ke Bumi (Hiskia, A dan Tupamalu, 1991. Menurut Suriadiredja berbagai faktor penyebab yang berlangsung lama. Faktor yang paling berperan adalah pajanan (paparan) sinar ultraviolet (UV), khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur diri di pantai. Berdasarkan uraian tersebut, masyarakat Indonesia berpotensi besar menderita kanker kulit. Faktor yang lain yang dapat menyebabkan kanker kulit adalah gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan sel-sel kanker yang pasif dalam tubuh akan berubah menjadi kanker aktif. kurangnya pengetahuan mengenai gejala kanker menyebabkan pengobatan kanker tidak efektif, karena masyarakat biasanya mengetahui adanya kanker di tubuh mereka setelah kanker membesar dan melebar. Makalah kami bertujuan mengenalkan kepada masyarakat mengenai kanker kulit, penyebabnya, gejalanya serta cara menangulanginya., sehingga dengan adanya makalah ini membantu memberikan pengertian mengenai kanker kulit dan pencegahan secara preventif bisa dilakukan setelah mengetahui hal-hal mengenai kanker kulit.
 2. KANKER
 kanker adalah penyakit yang tidak mengenal status sosial dan dapat manyerang siapa saja dan muncul akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker dalam perkembangannya. Sel kanker berbahaya karena dapat menyebabkan kematian baik secara langsung maupun tidak langsung (Laszlo dalam Sarafino, 1998). Sel kanker tumbuh dengan cepat, sehingga sel kanker pada umumnya cepat menjadi besar. Disamping itu, sel kanker dapat menyebar (metastasis) ke bagian alat tubuh lainnya yang jauh dari tempat asalnya melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening sehingga tumbuh kanker baru di tempat lain. Penyeberan sel kanker ke jaringan sehat pada alat tubuh lainnya dapat merusak alat tubuh tersebut sehingga fungsi alat tersebut menjadi terganggu. Awalnya kanker tidak menimbulkan keluhan karena hanya melibatkan beberapa sel. Bila sel kanker bertambah, maka keadaan bergantung kepada orang yang terkena. Misalnya, pada usus berongga besar, tumor harus mencapai ukuran besar sebelum memicu keluhan (Familiy’s Doctor, 2006) 
3. PENYEBAB KANKER SECARA UMUM
 Ada empat faktor utama penyebab kanker seperti lingkungan, makanan, biologis, dan psikologis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keempat faktor penyebab kanker tersebut, yaitu:
1. Lingkungan, yakni:
 a. Bahan kimia Zat yang terdapat pada asap rokok yang dapat menyebabkan kanker paru pada perokok aktif dan perokok pasif (orang yang bukan perokok atau tidak sengaja menghirup asap rokok orang lain) dalam jangka waktu yang lama (Family’s Doctor,2006).
b. Penyinaran yang berlebihan Sinar ultra violet yang berasal dari matahari dapat menimbulkan kanker kulit. Sinar radio aktif sinar X yang berlebihan atau radiasi dapat menimbulkan kanker kulit dan leukemia (Family’s Doctor, 2006).
 c. Merokok Menurut Yayat Sutratmo (Majalah Bulan Kabari dalam www.kabari news.com) perlu diketahui bahwa rokok putih bertanggung jawab 90% dari semua kasus kanker paru-paru yang menjadi penyebab utama kematian baik dari wanita daripada pria.
 d. Polusi udara Menurut Chen Zichou (www.antara.co.id) seorang ahli Institut Penelitian Kanker mengatakan, penyebab utama meningkatnya jumlah kanker di China disebabkan polusi udara lingkungan, dan kondisi air yang semakin memburuk.
 2. Makanan
 Makanan yang dapat menyebabkan kanker (www.susukolostrum.com) adalah:
 a)Daging yang mengandung hormon sex buatan (DES or Diethylstilbestrol).
 b)Bahan pemanis buatan seperti biang gula dan saccharin.
c)Nitrosamines pada bahan-bahan pengawet buatan, dan bahan pewarna buatan, yang umumnya dipakai dalam produk daging, yang telah diproses dan juga banyak dalam produk makanan kaleng.
d)Zat pewarna yang ada dalam makanan, minuman, kosmetik, maupun obat obatan.
 e)Zat radioaktif yang sekarang ini terdapat hampir di seluruh bulatan bumi sebagai akibat dari percobaan bom atom serta peledakan bom, yang masuk dalam tubuh manusia melalui makanan, khususnya susu. f)Kebanyakan makan garam.
g)Makanan yang sudah menjadi tengik.
 3. Biologi, yakni:
 a. Virus Salah satu virus yang dapat menyebabkan kanker adalah virus HIV (human immunodefiency virus). Dimana virus HIV (human immunodefiency virus) ini dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Akibatnya wanita yang terinfeksi virus HIV (human immunodefiency virus) akan rentan terhadap infeksi HPV (human papillomavirus) (Family’s Doctor, 2006).
 b. Hormon Hormon adalah zat yang dihasilkan kelenjar tubuh yang fungsinya adalah mengatur kegiatan alat-alat tubuh dan selaput tertentu.
c. Keturunan Sejumlah penelitian menemukan bahwa sekitar 5% dari kasus kanker diakibatkan oleh faktor keturunan. Faktor keturunan ini memang susah untuk dihindari. Tetapi sejauh apa peranan gen yang abnormal masih belum diketahui (Misky, 2005).
 4. Psikologis, yakni:
a. Kepribadian Orang dengan tipe kepribadian tertutup termasuk tipe yang mudah terkena stres. Akibatnya mereka akan memiliki risiko tinggi untuk terkena penyakit kanker dan jantung (dalam www.bemfhui.com).
 b. Stres Salah satu sebab menurunnya kekebalan tubuh (immunitas) adalah adanya stres dan kondisi stres ini akan melemahkan respon imunitas. Menurunnya sistem imunitas ini mempermudah masuknya sel-sel kanker menyerang tubuh, karena kemampuan sel tersebut untuk mengenal dan melawan musuh tidak dapat berfungsi secara baik.

 4.GEJALA KANKER PADA UMUMNYA
 Gejala umum yang terjadi sebagai pertanda awal akan terserang kanker memang tergantung bagian yang terserang. Namun ada beberapa gejala umum yang terjadi jika akan terserang kanker.
 1. Perubahan pada saat buang air besar dan polanya.
 2. Penurunan berat badan secara cepat dan drastis akibat kekurangan protein.
 3. Benjolan aneh yang muncul pada bagian tubuh.
 4. Luka yang tidak kunjung sembuh (Petrucci, Ralph H, 1987).

 5.KULIT
Kulit merupakan organ terluar pada manusia, ada berbagai jenis dan warna kulit manusia. Kulit adalah Organ yang memiliki struktur yang kompleks dan vital. Jaringan kulit manusia terdiri dari 2 lapisan kulit, yakni : epidermis dan dermis. Masing-masing lapisan memiliki fungsi dan struktur kulit, diantaranya:
1.Lapisan kulit Epidermis Selain itu kulit memiliki lapisan kulit epidermis yang terdiri dari lapisan tanduk (lapisan korneum) dan lapisan malpighi. Lapisan tanduk atau lapisan korneum merupakan lapisan kulit mati, yang dapat mengelupas dan digantikan oleh sel-sel baru. Lapisan malpighi juga masih memiliki lapisan lainnya seperti : lapisan spinosum dan germinativum, yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Lapisan kulit spinosum memiliki fungsi sebagai penahan gesekan dari luar. Sedangkan lapisan germinativum berfungsi sebagai produsen pengganti lapisan sel-sel pada lapisan kulit korneum yang aktif membelah diri dari sel kulit mati. Selain itu lapisan kulit epidermis mengandung pigmen melanin yang memberi warna pada kulit, oleh karenanya penting menjaga kulit dari pancaran radiasi sinar UV yang dapat membakar kulit dan merubah warna kulit menjadi lebih gelap. Lapisan kulit epidermis merupakan lapisan kulit bagian teratas pada kulit manusia. Setiap manusia memiliki ketebalan kulit yang berbeda-beda antara 400-600 μm, untuk kulit tebal terletak pada kulit telapak tangan dan kaki dan kulit tipis memiliki ketebalan antara 75-150 μm untuk kulit tipis (kulit selain telapak tangan dan kaki, memiliki rambut).
 2.Lapisan kulit Dermis Lapisan kulit dermis terdiri dari pembuluh darah, akar rambut, ujung syaraf, kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Kelenjar keringat tentunya menghasilkan keringat. Keringat yang dikeluarkan manusia dapat mencapai 2.000 ml setiap harinya. Namun keringat yang dihasilkan tergantung dari tingkat kebutuhan tubuh dan pengaturan suhu tubuh. Keringat mengandung air, garam dan urea. Fungsi dari lapisan kulit dermis ini adalah sebagai organ penerima rangsangan, pelindung terhadap kerusakan fisik, penyinaran dan bibit penyakit, serta untuk pengaturan suhu tubuh.

 6.KANKER KULIT

 Kanker kulit adalah tumor ganas yang terjadi pada epidermis kulit. Kanker kulit sering terjadi pada bagian tubuh yang terpapar, misalnya kepala, muka, leher, belakang tangan dan tempat lainnya, menduduki total insiden sekitar 81.1% Kanker kulit banyak terjadi pada orang tua, dengan puncak insiden antara umur 51 tahun ~ 60 tahun, pria lebih banyak dibanding wanita, dengan perbandingan sebanyak 2:1, diantaranya orang kulit putih (orang Eropa) memiliki tingkat insiden yang paling tinggi(Petrucci, Ralph H, 1987). Tiga Jenis Kanker Kulit yang Paling Umum dan sering terjadi berikut: 1. Basal Cell Carcinoma (BCC) BCC adalah jenis kanker kulit yang paling sering terjadi, sel basal di bawah lapisan kulit terluar. 2. Squamous Cell Carcinoma (SCC) Kanker kulit yang juga paling umum terjadi adalah SCC, yang biasa ditemukan di sel squamus. SCC mirip dengan BCC karena seringkali muncul di area yang terpapar langsung pada sinar UV seperti kulit wajah, kulit kepala, leher, tangan, lengan, dan kaki. 3. Melanoma Melanoma termasuk jenis kanker kulit yang agak jarang, namun ini adalah yang paling berbahaya. Melanoma muncul di bagian bawah epidermis. Kanker kulit pada jenis ini umumnya disebabkan mutasi akibat paparan sinar UV secara langsung dari matahari, atau bisa dari tanning bed yang sering digunakan. Tapi bisa juga dipengaruhi oleh faktor genetis maupun faktor lingkungan.

 7.PENYEBAB KANKER KULIT
 Beberapa penyebab kanker kulit adalah sebagai berikut :
•Kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari.
 •Sebagian besar disebabkan oleh faktor genetik dari orang tua yang terkena kanker kulit.
 •Orang yang memiliki sejumlah besar tahi lalat pada kulit mempunyai kemungkinan yang lebih besar terkena kanker kulit.
 •Terlalu sering menggunakan obat yang mengandung unsur karsinogenik tingkat tinggi dapat menyebabkan kanker kulit.
 •Paparan zat karsinogenik / elemen seperti arsenik, tar, creosote dan radiasi dapat menyebabkan kanker kulit.

 8.GEJALA KANKER KULIT  
Gejala dari Basal cell carcinoma dan Squamous cell carcinoma sangat mirip, pada awal mungkin hanya berupa beberapa bintik kecil dengan permukaan yang kasar, dibandingkan dengan kulit sekitarnya warnanya agak sedikit merah atau agak sedikit putih, kemungkinan berupa benjolan yang sangat kecil atau satu luka kecil yang mudah berdarah, proses sembuhnya lambat atau tidak dapat rehabilitasi.


 9.DETEKSI DINI KANKER KULIT
 Deteksi dini kanker kulit bisa dilakukan sendiri dengan cara:
1. Memeriksa telapak tangan, jari tangan, antara jari tangan, lengan bawah, lengan atas, selanjutnya mengangkat kedua lengan, menekuk siku, memeriksa dengan teliti lengan bawah bagian dalam dan tempat persendian.
 2. Memeriksa tubuh bagian depan: Daerah perut dan daerah gundukan kemaluan dan paha atas juga paha bawah, daerah muka, daerah leher, daerah dada.
 3. Memeriksa tubuh bagian samping: Tangan diangkat, terlebih dahulu memeriksa bagian kiri tubuh, selanjutnya memeriksa bagian kanan tubuh.
 4. Membelakangi cermin, tangan kita membawa satu cermin kecil untuk melihat cermin di belakang, lihat daerah belakang leher, daerah punggung, daerah pinggul dan kedua pangkal lengan. Apabila sulit dilakukan, dapat meminta bantuan suami/istri atau teman baik untuk memeriksa.
 5. Minta bantuan orang lain untuk memisah rambut dengan sisir, demi memudahkan pemeriksaan adakah bagian yang mencurigakan di kulit kepala. Untuk laki-laki, disaat rambut masih pendek bisa pelan-pelan meraba sendiri.
 6. Duduk, periksa bagian belakang (punggung) kaki, tumit kaki, jari kaki dan telapak kaki, lalu ambillah cermin diletakkan menghadap kedua paha bagian dalam dan tidak henti-hentinya digerakkan, amati adakah tanda-tanda lesi pada kedua paha bagian.

 10.PENCEGAHAN KANKER KULIT
 Pencegahan penyakit kanker kulit bisa dilakukan dengan cara:
 •Hindari kulit dari sengatan sinar matahari dalam waktu lama dan terus menerus. Sebaiknya selalu lindungi kulit saat keluar rumah. Pilih jenis handbody, sunscreen atau sunblock yang aman untuk kulit. Akan lebih baik lagi mengenakan baju lengan panjang atau yang menutupi seluruh bagian kulit saat terkena si nar matahari.
 •Selalu konsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung zat antioksidan. Beberapa yang bisa dipilih diantaranya tomat, wortel, kacang hijau, buah labu, ataupun buah anggur. Buah dan sayuran ini dapat dibuat jus dan dikonsumsi secara rutin.
 •Sebaiknya kurangi atau hindari pemanfaatan krim atau lotion pemutih kulit. Selain mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker kulit berwarna sebenarnya sangat baik untuk mencegah pengaruh buruk sinar ultraviolet yang menyebabkan penyakit kanker ini.

 11.PENGOBATAN KANKER KULIT
 Kanker kulit bisa diatasi dengan tindakan medis, yakni:
 •Bedah: Operasi untuk kanker kulit dengan pemotongan daerah kulit yang terkena. Pembedahan paling efektif jika daerah yang terkena dipotong dari kulit pada tahap awal kanker kulit.
•Curettage Dan Electrodessi Cation: pengobatan kanker kulit dengan sistem electrodessi electon. Daerah yang terkena kanker dihancurkan dengan electrodessi electon.
 •Bedah Mohini : pengobatan yang biasa digunakan saat kanker telah memasuki stadium lanjut. Pengobatan bedah mohini dilakukan dengan mengeluarkan jaringan yang terkena kanker dengan pembedahan mikrokopis.
 •Cryosurgery: Pengobatan cryosurgery di lakukan dengan mendinginkan daerah yang terkena kanker kulit dalam suhu yang sangat rendah, kemudian jaringan yang terkena kanker kulit tersebut di bunuh dengan nitrogen cair.
•Laser Therapy: Pengobatan laser therapy dilakukan dengan cara menghancurkan sel kanker aktif menggunakan sinar laser intensitas tinggi di daerah yang terkena.

 12.KESIMPULAN
•Peningkatan jumlah penderita kanker tersebut salah satunya karenakan menipisnya lapisan ozon di bumi. •Faktor yang paling berperan adalah pajanan (paparan) sinar ultraviolet (UV), khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari
 •Orang yang terkena kanker kulit maka terjadi perubahan pada saat buang air besar dan polanya, penurunan berat badan secara cepat dan drastic akibat kekurangan protein, benjolan aneh yang muncul pada bagian tubuh, luka yang tidak kunjung sembuh.
 •Jenis-jenis kanker kulit dapat dibedakan menjadi Basal Cell Carcinoma (BCC), yaitu jenis kanker kulit yang paling sering terjadi, sel basal di bawah lapisan kulit terluar, Squamous Cell Carcinoma (SCC) adalah kanker yang biasa ditemukan di sel squamous dan seringkali muncul di area yang terpapar langsung pada sinar UV seperti kulit wajah, kulit kepala, leher, tangan, lengan, dan kaki, serta kanker kulit Melanoma, yaitu kanker paling berbahaya yang muncul di bagian bawah epidermis.
 •Pengobatan terhadap kanker kulit bisa menggunakan bedah (operasi), Curettage Dan electrodessi cation, Bedah Mohini, Cryosurgery, dan laser terapi.
 •Sedangkan pencegahan terhadap kanker kulit dapat dilakukan dengan menghindarkan kulit dari sengatan sinar matahari dalam waktu lama dan terus menerus, memilih jenis handbody, sunscreen atau sunblock yang aman untuk kulit, selalu konsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung zat antioksidan, dan sebaiknya kurangi atau hindari pemanfaatan krim atau lotion pemutih kulit.


 13.DAFTAR PUSTAKA
 Familiy’s Doctor. 2006. Perawatan Kulit. Suryana: Jakarta
Gemari. 2003. Awas Kanker. Hampura: Jakarta
 Hiskia, A dan Tupamalu. 1991. Kanker dan Penyebabnya. ITB Press: Bandung.
Sarafino. 1998. Kanker Kulit. Media Citra: Banten
Misky. 2005. Kanker Ganas. Media Citra: Banten
 Petrucci, Ralph H. 1987. Kenali Gejala Awal Kanker. Erlangga: Jakarta.
Tambunan. 1995. Sel Kanker. Pustaka9: Bandung Zichou , Chen. 2010. Cancer . www.antara.co.id (Diakses 25 April 2013)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Las Vegas Casino - jtmhub.com
    › harrahs-socal-casino-us 속초 출장안마여주 출장안마 harrahs-socal-casino-us May 4, 2021 — May 4, 2021 전라남도 출장마사지 The Casino in หาเงินออนไลน์ Las Vegas is located in the heart of the 아산 출장샵 Fremont Street Experience. The Strip, a casino and hotel, is a 3-minute walk from

    AntwoordVee uit

Popular Post

My Friend

Maya Umi Hajar. Aangedryf deur Blogger.

Popular Posts

Pages

- Copyright © Maya's area -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Maya umi hajar -